Home » Metropolitan » Anies Operasikan Becak di Jakarta. “Apa Kata Bang Yos

Anies Operasikan Becak di Jakarta. “Apa Kata Bang Yos

JAKARTA -Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso meminta Gubernur DKI Anies Baswedan mengkaji lagi rencana kebijakan memperbolehkan becak di Jakarta. Berdasarkan pengalamannya di Jakarta dua periode, Sutiyoso menyebut beroperasinya becak di ibu kota hanya akan menimbulkan masalah baru.

“Dari pengalaman kami sebelumnya, saran saya kepada Gubernur agar ada lagi, lah,” kata Sutiyoso kepada CNNIndonesia.com , Selasa (16/1), saat ditanya soal rencana Anies operasikan becak di ibu kota.

Sutiyoso yang biasa disapa Bang Yos adalah Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2002 dan 2002-2007. Pada masa kepemimpinannya, tepatnya 1998, Bang Yos Diizinkan becak setelah sempat dilarang oleh Gubernur DKI sebelumnya, Soerjadi Soedirdja.

Bang Yos menuturkan, kebijakan yang demikian itu ia keluarkan lantaran masyarakat saat itu sedang terkena dampak krisis ekonomi.

“Solusinya, becak saya perbolehkan di kampung-kampung, sama seperti rencana kebijakan Pak Anies,” utur Bang Yos.

Setelah beberapa tahun becak beroperasi, Sutiyoso kemudian sempat mencabut operasi kendaraan roda itu.

Bang Yos menceritakan alasan mereka mencabut izin operasi becak di Jakarta. Berdasarkan hasil kajian tim yang ia bentuk, kata Bang Yos, hasil kajian itu tersusun tiga hal mendasar.

Pertama, profesi tukang becak tidak manusiawi. Kedua, sudah tidak sesuai lagi digunakan di ibu kota apalagi kota metropolitan, terakhir karena sulit konfigurasi tukang becak.

“Akhirnya saya sumbat lagi,” kata Sutiyoso.

Beroperasinya becak, sambung Sutiyoso, juga bikin isu baru. Soal soal ketertiban lalu lintas.
Ia mengatakan, saat dia diperbolehkan becak di kampung-

kampung, ada banyak tukang becak yang ada di jalan raya.
Persoalan lain yang ia khawatirkan adalah tukang tukang becak akan teruji gesekan baru dengan pengemudi angkutan seperti pengemudi ojek pangkalan, ojek online , hingga bemo.

Atas dasar itu, Sutiyoso agar agar Gubernur Anisa lagi lagi di balik becakompo di Jakarta.

“Lagi pula sudah banyak pilihan transportasi bagi warga Jakarta Ada LRT, MRT, busway, Bajaj, Transportasi online Yang diperlukan saat ini adalah penambahan armada angkutan umum,” kata Bang Yos. [cnn]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*