Home » Budaya » MUSIUM BAHARI DI PASAR IKAN JAKARTA UTARA DI LAHAP SI JAGO MERAH

MUSIUM BAHARI DI PASAR IKAN JAKARTA UTARA DI LAHAP SI JAGO MERAH

Jakarta – Museum Bahari di Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta terbakar, Selasa (16/1/2018). Api berkobar di seluruh bangunan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan sebanyak 3 unit mobil pemadam kebakaran sudah dikerahkan ke lolas. Selain itu 1 unit mobil PMI, dan AGD sudah meluncur.

Sampai kini penyebab kebakaran belum diketahui. Hanya saja asap tebak hitam terus mengepul dan keluar dari genteng orange.

Anies Baswedan tinjau ke lokasi kebakaran di Museum Bahari.
Kebakaran terjadi mulai pukul 08.56 WIB. Lewat akun Twitternya, @BPBDJakarta, situasi terus diperbarui.

Museum Bahari adalah museum yang menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang berlokasi di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa. Museum adalah salah satu dari delapan museum yang berada di bawah pengawasan dari Dinas Kebudayaan Permuseuman Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Anies Baswedan tinjau ke lokasi kebakaran di Museum Bahari.
Koleksi-koleksi yang disimpan terdiri atas berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC. Selain itu ada pula berbagai model dan miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran. Juga peralatan yang digunakan oleh pelaut pada masa lalu seperti alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar dan meriam.

Anies Baswedan tinjau ke lokasi kebakaran di Museum Bahari.
Museum Bahari juga menampilkan koleksi biodata laut, data-data jenis dan sebaran ikan di perairan Indonesia dan aneka perlengkapan serta cerita dan lagu tradisional masyarakat nelayan Nusantara. Museum ini juga menampilkan matra TNI AL, koleksi kartografi, maket Pulau Onrust, tokoh-tokoh maritim Nusantara serta perjalanan kapal KPM Batavia – Amsterdam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*