Home » Mancanegara » Pesawat MH370 Ditemukan, Perusahaan AS Bakal Dibayar Rp940 Miliar

Pesawat MH370 Ditemukan, Perusahaan AS Bakal Dibayar Rp940 Miliar

KUALA LUMPUR Pemerintah Malaysia resmi menandatangani kontrak dengan firma Amerika Serikat (AS) Ocean Infinity untuk melanjutkan pencarian pesawat MH370 yang hilang. Sesuai kesepakatan, perusahaan eksplorasi bawah laut itu tidak akan mendapat bayaran jika tidak berhasil menemukan bangkai pesawat.

Operasi pencarian bangkai pesawat dan kotak hitam akan dilanjutkan kembali pada pertengahan Januari di area seluas 25 ribu kilometer persegi. Kementerian Perhubungan Malaysia menuturkan, fokus utama area pencarian adalah di selatan Samudera Hindia selama 90 hari ke depan.

Melansir dari Straits Times, Rabu (10/1/2018), Pemerintah Malaysia akan membayar Ocean Infinity sebesar USD20 juta (setara Rp268 miliar) jika bangkai ditemukan dalam jarak 5.000 kilometer persegi dari titik awal pencarian. Bayaran akan meningkat menjadi USD70 juta (setara Rp940 miliar), tergantung di mana letak serpihan bangkai pesawat atau kotak hitam ditemukan dalam 90 hari.

Ocean Infinity sudah mengerahkan kapal Seabed Constructor sejak beberapa hari lalu. Kapal yang disewa dari Norwegia itu meluncur dari Afrika Selatan. CEO Ocean Infinity, Oliver Plunkett menuturkan, kapal dijadwalkan tiba di titik awal area pencarian pada 17 Januari. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*