Home » Komunitas » Aksi Anti-Trump ini Kembali Disoroti Media Internasional,

Aksi Anti-Trump ini Kembali Disoroti Media Internasional,

JAKARTA -Puluhan ribu umat Islam bergerak dari masjid Istiqlal Jakarta ke Monas pada hari Minggu untuk memprotes keputusan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Aksi anti-Trump ini kembali disoroti media internasional, seperti US News and Report, Today Online, dan Reuters. Sebelumnya, aksi serupa yang digelar FBI juga telah menjadi pemberitaan media internasional.

Reuters memberitakan, ini adalah demonstrasi terbesar di Indonesia sejak keputusan kontroversial Trump awal bulan ini yang membalikkan kebijakan AS beberapa dekade lalu. Polisi memperkirakan jumlah peserta yang hadir dalam demonstrasi tersebut sekitar 80.000 orang.

Protes itu berlangsung damai namun barisan polisi di belakang gulungan kawat berduri menahan kerumunan orang di luar kedutaan AS di Jakarta. Seorang juru bicara kepolisian mengatakan 20.000 polisi dan anggota militer ditugaskan untuk memastikan keamanan.

“Kita mendesak semua negara untuk menolak keputusan sepihak dan ilegal Presiden Donald Trump yang menjadikan Yerusalem sebagai ibukota Israel,” kata Anwar Abbas, sekretaris jenderal Majelis Ulama Indonesia, kepada kerumunan massa.

“Kami menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk memboikot produk AS dan Israel di negara ini” jika Trump tidak mencabut tindakannya, lanjut Abbas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*